Review Sepeda Gunung Murah: Mana yang Terbaik?

Review Sepeda Gunung Murah: Mana yang Terbaik?

by Sarah Amelia

Sedang mencari harga sepeda gunung murah meriah? Atau penasaran dengan tempat jual sepeda gunung dengan harga yang tak bikin kantong bolong? Sepeda gunung memang perkara yang ngeri-ngeri sedap, ya.

Tidak banyak yang melirik keberadaan sepeda gunung pada awal kemunculannya, yaitu sekitar 1970. Namun perlahan tapi pasti, jenis sepeda yang juga disebut MTB (Mountain Bike) ini diterima dengan baik oleh banyak orang. Ketahanan sepeda, terutama saat melahap medan yang menantang, tentu jadi alasannya; sesuatu yang sulit dilakukan dengan sepeda lipat dan sepeda balap.

Kalau kamu juga tertarik untuk kembali gowes dengan MTB, beberapa pilihan harga sepeda gunung di bawah 2 juta rupiah di bawah ini tentu patut dipertimbangkan. Pasalnya, daftar sepeda gunung murah di bawah ini bersifat entry level, berguna untuk memastikan kembali apakah kamu benar-benar menyukai olahraga dengan MTB atau hanya mengikuti tren di lingkaran pergaulan. Kalau pun kamu tidak terlalu sering memakainya, pembelianmu tidak sia-sia karena kocek yang dikeluarkan tak terlalu banyak.

Jadi, apa saja sepeda gunung murah yang terbaik dan patut dipertimbangkan?

Aviator 2689 XT: Tanduk (bar ends) yang Memberi Kenyamanan

sepeda gunung

Untuk keperluan bekerja dan berakhir pekan, Aviator 2689 XT sudah lebih dari cukup. Selain memiliki empat variasi warna (hitam-merah, hitam-hijau, hitam-biru, dan hitam-orange), Aviator 2689 XT juga dibekali dengan velg cukup tinggi. Selain itu, keberadaan tanduk sepeda (bar ends) pada bagian stang memberi rasa aman karena fungsinya sebagai hand guard, selain memberi rasa nyaman juga.

Aviator 2689 XT dilengkapi dengan 24 jumlah operan (3 depan x 8 belakang) serta pengereman mekanis; fitur yang cukup dasar, sebetulnya. Namun, keberadaan rem cakram di roda depan dan belakang serta sistem suspensi depan dan belakang membuat Rp1,4 jutaan jadi harga yang sangat pantas untuk MTB ini.

Baca Juga :  [Review] Film Terminator Dark Fate

Genio M-311: Sepeda Gunung untuk Semua!

sepeda gunung

Bicara adu standar, mungkin tak ada yang mengalahkan Genio M-311. Rangka besi (steel) sepeda ini seperti tak lekang oleh waktu, mengingatkan anak-anak 90an pada masa sekolah mereka. Genio M-311 memang didesain sesederhana mungkin karena peruntukkannya yang cocok dipakai oleh semua kalangan, terutama mereka yang tak ingin neko-neko dalam bersepeda.

M-311 dilengkapi dengan jumlah operan standar, yaitu 21 operan gigi (3 depan x 7 belakang). Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk M-311 karena MTB ini bisa didapatkan dengan harga Rp1.3 jutaan saja. Pas banget untuk mengetes kesungguhan kamu dalam bersepeda.

Turanza 2503: untuk Mereka yang Berpostur Tinggi

Postur yang terlalu tinggi kadang jadi masalah saat gowes. Ada semacam ketidaknyamanan di bagian kaki karena gowesan kurang maksimal. Maklum, tinggi sepeda tidak cukup merentang kaki yang lumayan panjang saat kondisi pedal berada di bawah. Nah, hal semacam itu tak terjadi saat kamu memilih Turanza 2503.

Memiliki ukuran ban 27.5 inci, Turanza 2503 cocok untuk kamu yang berpostur jangkung. Tampil dengan rangka atas nan ramping membuat sepeda ini enak digowes bahkan oleh orang jangkung sekaligus. Dilengkapi dengan operan berjumlah 24, Turanza terasa cocok digunakan untuk menghadapi medan tanjakan sekaligus cross country ringan. Harga sepeda ini berkisar di angka Rp1,5 jutaan.

Alton XC 3.2: Pegangan bagi Pemula

sepeda gunung murah

Alton XC 3.2 turut meramaikan pasar sepeda gunung murah harga 1 jutaan dengan kualitas yang cukup baik. Yang menarik dari Alton XC 3.2 ini ialah dengan desain yang sporty, dinamis, dan tidak norak. Kamu tak perlu takut atau malu dilihat orang karena paduan warna yang seringkali mencolok karena permainan warnanya terasa pas di mata.

Baca Juga :  Persiapan Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Budidaya Ikan Lele

Meskipun ekonomis, Alton XC 3.2 sudah dibekali ban berukuran 26 inci dan serta opsi kecepatan hingga 24 operan gigi. MTB ini cocok dipakai untuk penggunaan jarak dekat serta tidak untuk anak dengan tinggi di bawah 150 cm. Lumayanlah untuk gowes tipis-tipis ke minimarket terdekat….

Pada akhirnya,

dengan dana ala kadarnya, memang tidak banyak variasi yang bisa diperoleh. Rata-rata masih menggunakan rangka steel dengan sistem pengereman mekanis. Alhasil, pilihan ada di selera desain dan kebutuhan.

Sesuaikan kebutuhan kamu dan bermainlah sedikit dengan paduan warna yang menggambarkan kepribadian kamu. Ingat pula tujuan awal kamu bersepeda, sehingga kamu tetap bisa menikmati sepeda apapun yang kamu pilih nantinya.

 

Tambahan: Tips Memilih Sepeda Gunung

Ada beberapa komponen yang bisa dijadikan acuan dalam memilih MTB idaman. Yang paling utama adalah kerangka sepeda itu sendiri (frame). Pada umumnya, MTB mempunyai kerangka yang terbentuk dari baja, aluminium, alloy, dan serat karbon (carbon fiber reinforced plastic) yang menjadikan sepeda gunung ringan. MTB dengan harga paling terjangkau biasanya menggunakan baja, sementara yang paling mahal menggunakan serat karbon karena dikenal ringan dan kuat.

Pertimbangkan pula bagian suspensi atau shock breaker (peredam guncangan), setidaknya di bagian depan, demi menunjang kenyamanan serta membantu kontrol roda depan Anda saat bersepeda.

Jenis rem dan pilihan kecepatan adalah poin terakhir perlu ditinjau. Apakah MTB memakai sistem mekanis (menggunakan kabel) atau hidrolis (menggunakan oli dengan kemampuan pengereman lebih kuat)? Yang terjangkau biasanya menggunakan sistem mekanis, sementara yang mahal menggunakan hidrolis.

Semoga membantu.

You may also like