Pecinta Motor Klasik Harus Tahu Sejarah Motor Vespa

Motor Vespa

Motor jenis skuter matic akhir-akhir ini masih mendominasi pasar otomotif di Indonesia. Namun eksistensi vespa sebagai pelopor motor skuter masih santer terdengar dikalangan pencinta motor klasik. Tidak banyak yang menyangka bahwa komunitas vespa di Indonesia menjadi salah satu komunitas terbesar di dunia. Hanya komunitas penggemar kendaraan unik di Italia dimana negara asal Vespa ini di buat yang mampu mengalahkan komunitas pecinta Vespa di Indonesia.

Maraknya komunitas Vespa di seluruh pelosok Indonesia telah menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga menjadi anggota dari komunitas Vespa saat ini sudah menjadi tren di kalangan anak muda. Beberapa dari mereka berusaha membeli Vespa hanya sekedar ingin menjadi bagian dari komunitas Vespa. Namun perlu di ingat bahwa bagi kamu pecinta motor klasik harus tahu tentang sejarah motor Vespa .

Asal mula Vespa

Vespa merupakan merupakan motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari motor Vespa adalah Piaggio yang didirikan oleh Rinaldo Piaggio di Genoa, Italia pada tahun 1884. Nama Piaggio terkenal di masa perang dunia 1 sebagai perusahaan yang memproduksi pesawat terbang dan kapal laut. Buktinya pada tahun 1917 Piaggio membangun pabrik di Pisa tepatnya di Pontedera dan menjadi pusat produksi pesawat terbang, hingga serelah Perang Dunia II lahirnya produk otomotif yang terkenal yaitu Vespa.

Sejarah Vespa di mulai berakhirnya Perang Dunia II yang berimbas pada memburuknya perekonomian di Italia. Pada saat itu juga pabrik pesawat terbang Piaggio yang berada di Pisa di bom oleh tentara sekutu. Namun hal itu tidak menjadi alasan bagi Piaggio untuk menghentikan usahanya dan Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan prusahaan tersebut. Dorongan dari masyarakat akibat krisis ekonomi yang membutuhkan alat trasnportasi yang harganya terjangkau membuat Enrico memutuskan untuk berhenti memproduksi pesawat terbang dan berinovasi untu menemukan solusi dari keresahan masyarakat di bidang alat transpostasi.

Baca Juga :  Perkembangan Motor Tiger 2000 dari Tahun 1993-2012

Enrico Piaggio menggandeng seorang insinyur ahli pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk membuat desain sebuah kendaraan bermotor yang inovatif. Akhirnya terciptalah sebuah prototype Vespa yang di beri nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia dengan sebutan Paperino. Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (donald bebek). Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model Vespa MP5, maka D’Ascino pun memutar otak untuk memperbaiki model tersebut.

D’Ascino hanya membuthkan waktu beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototip selanjutnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat prototip MP6, ia tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti tawon). Akhirnya seruan itu diputuskan untuk menjadi nama kendaraan tersebut yaitu Vespa (tawon). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai di produksi masa di pabrik Piaggio Vespa di Pontadera, Italia.

Sejarah Masuknya Vespa di Indonesia

Motor Vespa

Vespa masuk ke Indonesia sejak tahun 1960. Pada waktu hanya PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Kedatangan Vespa ke Indonesia ternyata memperoleh ruang di pasar industri otomotif Indonesia. Meskipun tidak besar, namun Vespa cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia hingga sekarang ini. Marco Noto La Diega yang merupakan Managing dari PT Piaggio Indonesia menuturkan bahwa cukup mengejutkan mengetahui jumlah penggemar Vespa di Indonesia sangat besar. Komunitas Vespa menjadi denyut nadi perkembangan dan keberlangsungan dari perusahaan yang membuat Vespa. Lanjutnya.

Berkembangnya skuter Vespa di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh “Vespa Congo”. sebuah Vespa yang diberikan sebagai penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap pasukan penjaga perdamaian Indonesia yang berada di Congo saat itu. Pada saat itu motor Vespa congo mulai banyak berkeliaran di Indonesia dan menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia.

Baca Juga :  Mobil DFSK, Spesifikasi Melimpah dengan Harga Terjangkau