Macam-macam Model Mukena

mukena

Mukena yaitu salah satu busana ibadah yang biasa dipakai oleh kaum wanita muslim, dalam islam ketika beribadah memiliki ketentuan agar ibadah sholat yang dilakukan sah dimata pencipta-Nya. Sebelum melihat model-model mukena yang sampai saat ini menjadi pilihan wanita ada baiknya mengetahui ketentuan busana ketika sholat bagi wanita yaitu:

  1. Menutup aurat, tidak ketat sehingga menampakkan lekuk-lekuk tubuh
  2. Menutup seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan hingga pergelangan
  3. Mukena tidak boleh berbahan tipis yang transparan
  4. Mukena menutup dagu bagian bawah

Setelah mengetahui beberapa syarat busana wanita ketika sholat, sekarang kita ketahui model-model mukena yang hingga saat ini menjadi pilihan para wanita untuk melaksanakan ibadah sholat.

Macam-macam Model Mukena

mukena
mukena
  1. MUKENA BALI

Mukena bali merupakan model mukena yang di produksi di bali menjadi salah satu hasil kerajinan bali menjadikan mukena bali populer hingga keluar pulau bali. Model mukena bali ini memiliki ciri khas warna yang menarik, dengan motif –motif cantik seperti kupu-kupu, bunga, dan tumbuhan bahan yang digunakan untuk muke bali yaitu bahan rayon yang lembut dan adem sehingga memberi kenyamanan pada saat beribadah.

2. MUKENA BERGO

Mukena bergo merupakan modifikasi dari pakaian burqa yang menutup seluruh tubuh wanita. Model mukena ini memiliki ciri khas pet pada bagian kepala seperti jilbab instan hanya saja ukurannya jauh lebih panjang dan lebar. Untuk motif, mukena ini umumnya hanya polos saja, namun di tambah aksen renda sebagai penghias nya. Pemakaiannya pun mudah, seperti memakai jilbab instan namun lebih kencang saat di pakai, ini gunanya agar mukena yang dipakai tidak gampang lepas saat sedang sholat.

3. MUKENA ABAYA

Mukena abaya merupakan mukena terusan atau longdress, model mukena ini didesain tanpa penutup kepala, sehingga jika ingin menggunakannya, harus ada tambahan kerudung atau jilbab terlebih dahulu.

Baca Juga :  4 Rekomendasi Kemeja Pria Anti Norak

4. MUKENA TERUSAN

Mukena terusan adalah mukena longdress yang memiliki ukuran panjang hingga mata kaki, tanpa adanya potongan, hnya saja ada tambahan lengan untuk memasukan tangan dan memudahkan saat sholat. Model mukena ini sudah sangat lama ada, dan hingga saat ini masih populer karena pemakaian nya yang simpel dan tanpa takut akan terpisah antara atasan dan bawahan mukena.

5. MUKENA TIE DYE

Muken tie dye merupakan muka yang saat ini sangat populer, model mukena ini memiliki ciri khas warna nya yang beragam dan motif jumputannya yang cantik motif inilah yang menjadikan muke tie dye sangat populer karena bukan hanya akan memberi kenyaman saat beribadah tapi juga memberi kesan stylish. Umumnya bahan yang digunakan yaitu bahan rayon yang lembut dan adem dipakai.

6. MUKENA LUKIS

Mukena lukis merupakan mukena berbahan katun, mukena lukis memiliki ciri khas motifnya yang di buat dengan lukisan tangan oleh para pengrajin daerah, hal ini menjadi daya tarik paling kuat bagi para customer sehingga menambah kesan cantik dan mewah saat digunakan.

7. MUKENA PLANIK

Mukena planik biasanya terbuat dari bahan rayonyang sejuk bila digunakan, motif yang digunakan biasanya adalah bunga, motif ini menambah kesan cantik pada kain mukena. Nah, umumnya mukena planik di lengkapi tas kecil untuk menaruh mukena ketika sudah selesai digunakan, hal ini memudahkan mukena planik untuk di bawa bepergian.

8. MUKENA PARASUT

Seperti namanya, mukena ini terbuat dari bahan parasut yang ringan, keunggulan dari mukena parasut ini yaitu mudah dilipat hingga ukuran kecil, sehingga gampang dibawa di dalam tas jika sedang bepergian, terutama mukena parasut kebanyakan dilengkapi tas kecil agar semakin mempermudahkan membawanya. Hanya saja kelemahan mukena ini adalah, adanya bahan parasut yang terkadang paas dan kurang nyaman dipakai.

Baca Juga :  Sepatu heels? Kenapa tidak!