Berita Teknologi dan Gadget Terbaru: WhatsApp Tidak Lagi Bisa Digunakan

Berita Teknologi dan Gadget Terbaru: WhatsApp Tidak Lagi Bisa Digunakan

by Sarah Amelia
Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Ada berita teknologi gadget yang cukup mengejutkan dari WhatsApp, salah satu aplikasi pesan paling popular di Indonesia. WhatsApp meyakinkan bahwa kalau layanan pengiriman pesannya itu sudah tidak bisa lagi digunakan pada sejumlah perangkat jadul (jaman dulu), tepat nanti pada Februari 2020.

Dikutip dari Independent (Kamis 12/19), jutaan users WhatsApp dipastikan tidak akan bisa memakai layanan pengiriman pesan ini setelah 1 Februari 2020 nanti. Hal ini lantaran WhatsApp akan menghentikan dukungan atau supportnya pada sejumlah sistem operasi tua pada ponsel.

Berita Teknologi Gadget, WhatsApp Tidak Lagi Bisa Digunakan (1)

Pada laman resminya, berita teknologi dan gadget mengenai WhatsApp tersebut telah mendata sistem operasi mana saja yang tidak lagi bisa didukung dalam waktu dekat. Perangkat dengan sistem operasi yang terdampak nantinya tidak bisa lagi membuat akun baru atau bahkan memverifikasi ulang akun yang sudah ada atau dimiliki sebelumnya.

Sedangkan untuk versi iOS, versi yang tak lagi didukung oleh WhatsApp adalah iOS 8 dan versi sebelumnya. Sebagai informasi tambahan, iOS 8 adalah sistem operasi pertama yang diperkenalkan oleh Apple pada 2014 lalu.

Pada postingan di web resmi WhatsApp, mereka mengatakan bahwa untuk pengalaman paling baik, WhatsApp merekomendasikan penggunanya menggunakan versi iOS yang terbaru di ponsel mereka.

Di lain sisi, untuk Android, versi yang tidak lagi didukung adalah Android versi 2.3.3, atau versi Gingerbread. Versi sistem opersi ini tidak lagi didukung. Dampaknya penggunanya tak bisa membuat akun baru, juga bahkan tidak bisa memverifikasi akun lamanya di ponsel dengan sistem operasi tersebut.

Berita Teknologi Gadget, WhatsApp Tidak Lagi Bisa Digunakan (2)

Tahukah kamu? Dibandingkan iOS 8, umur dari Android Gingerbread ternyata jauh lebih tua, lantaran sistem operasi tersebut pertama kali dirilis pada 2010. Sementara iOS 8 diluncurkan pada 2014. Oleh karena itu, kita bisa menyimpulkan bahwa akan lebih banyak perangkat iOS yang terdampak dari keputusan yang diputuskan oleh WhatsApp ini.

Baca Juga :  Harus Tahu, Inilah 5 Hoax Terpopuler Saat Pantau Virus Corona

Karenanya agar  tetap bisa memakai WhatsApp setelah 1 Februari 2020, pengguna ponsel harus memastikan setidaknya ponselnya menggunakan iOS 9 ataupun Android 4.0 Ice Cream Sandwich, baik pada iPhone ataupun ponsel Androidnya.

Tidak hanya pada iOS dan Android, WhatsApp juga memutuskan untuk tidak lagi mendukung semua versi Windows Phone pada 31 Desember 2019 mendatang.

Adalah perangkat ponsel Nokia S40 yang sudah tidak akan lagi dapat memakai WhatsApp setelah 31 Desember 2019. Begitu juga dengan Android versi 2.3.7 Gingerbread dan versi sebelumnya serta iOS 7 dan versi sebelumnya tak disupport lagi oleh WhatsApp nanti sejak 1 Februari 2020.

Menurut laman resmi FAQ WhatsApp, dipastikan jika para pengguna yang tidak lagi memenuhi syarat minimal versi sistem operasi, tidak akan lagi bisa membuat akun baru maupun memverifikasi ulang akun yang sudah dipunya.

Pihak WhatsApp sendiri juga mengatakan bahwa keputusan ini bukanlah hal yang mudah. Namun peraturan yang diputuskan ini diberikan sebenarnya untuk memberi pengalaman yang baik saat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Jadi, pastikan kamu sudah memperbarui sistem operasi di ponsel kamu ya agar kamu tetap bisa menikmati layanan perpesanan paling popular di Indonesia ini. Kalau kamu tidak mengupdatenya, dikhawatirkan kamu tidak akan bisa kembali menghubungi teman, kolega, ataupun relasi kamu.

 

Menyedihkan bukan?

You may also like