Kursus Mengemudi: Cara Belajar Mobil Manual

belajar mobil manual

Selain kendaraan bermotor, mobil juga menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan pribadi sekaligus kendaraan untuk keluarga. Dengan mobil, bukan hanya Anda bisa bepergian dengan lebih nyaman namun juga mengajak seluruh anggota keluarga bersama. Selain itu mobil kini juga bisa digunakan untuk tambahan penghasilan dengan mendaftarkan diri sebagai salah satu driver online di perusahaan jasa transportasi. Namun itu semua bisa dilakukan tentu saja jika Anda bisa mengendarai mobil dengan baik. Karenanya sebelum membeli mobil, ada baiknya belajar mobil manual terlebih dahulu agar ketika mobil siap sudah bisa langsung menggunakannya dengan maksimal.

Mobil manual memang lebih kuat dibandingkan dengan mobil matic sehingga cocok jika Anda ingin menggunakannya sebagai mobil usaha. Ada banyak jenis mobil manual yang saat ini dijual di pasaran dari yang berbentuk mini atau city car hingga yang besar dan berkapasitas lebih banyak. Meski banyak jenisnya, namun Anda tak perlu belajar satu per satu jenis mobil untuk bisa menggunakannya di jalan raya dengan benar. Yang diperlukan hanyalah belajar mengendarai dengan salah satu jenis mobil manual saja melalui jasa kursus mengemudi yang Anda percayai.

Dengan belajar menggunakan salah satu mobil manual yang ada, Anda bisa menguasai jenis mobil lainnya karena prinsip mobil manual relatif sama meski yang Anda gunakan belajar dan sehari-hari nantinya berasal dari pabrikan yang berbeda. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah perbedaan ukuran body mobil karena menentukan saat mengambil ancang-ancang saat akan berbelok terutama saat parkir kendaraan.

Belajar sesuatu yang baru mungkin memberikan sensasi yang berbeda-beda untuk tiap orang. Ada yang antusias, bersemangat hingga takut jika kurang lancar dalam belajar. Agar proses belajar mengemudi Anda lancar, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan sebelumnya:

  • Memilih kursus mengemudi.

Memilih jasa kursus stir mobil yang tepat bisa menjadi point penting untuk kelancaran proses belajar Anda. Sebaiknya Anda meminta rekomendasi dari teman atau keluarga dimana kursus yang terbaik untuk belajar mengemudi. Atau jika Anda memiliki teman dan keluarga yang sudah bisa mengemudikan mobil, Anda juga bisa meminta tolong untuk menjadi pemandu atau pendamping saat belajar.

Baca Juga :  Harga Motor Bekas: Harga Sepeda Motor Yamaha

belajar mobil manual

  • Mengenal mobil yang akan digunakan belajar.

Sebelum mulai berkendara, gunakan waktu sebentar untuk mengenal mobil yang digunakan. Pelajari letak tombol lampu, wiper, hingga bagian stir lalu simulasikan hingga Anda merasa sudah familiar. Atur posisi tempat duduk supir jika memang pedal masih terlalu jauh dari kaki Anda. Kenyamanan saat berada di belakang stir sangat penting agar proses belajar Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

  • Latihan terstruktur.

Jika Anda menggunakan jasa kursus profesional, Anda akan mendapatkan porsi latihan terstruktur, namun jika meminta tolong teman atau kerabat, sebaiknya memulai latihan dengan jalur yang datar untuk menguasai stang mobil. Selanjutnya bisa ditingkatkan dengan belajar di jalur menurun atau tanjakan.

Itulah beberapa tips cara belajar mobil yang bisa Anda lakukan sebelum memulai belajar mobil manual. Jangan terburu-buru dalam proses belajar mengendarai mobil agar apa yang Anda dapatkan betul-betul bermanfaat. Apalagi mengendarai mobil erat kaitannya dengan keselamatan diri, keluarga dan orang lain sehingga diperlukan kesabaran dan ketelitian. Jangan lupa juga untuk melengkapi syarat untuk mendapatkan surat ijin mengemudi agar Anda bisa membawa mobil di jalan raya dengan aman.