6 Manfaat Permainan Memasak untuk Anak-Anak

permainan memasak 1

 

Masa anak-anak memang masa tumbuh kembang. Mula dari asupan yang baik dan juga lingkungan yang mendukung akan membuat anak bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Segala macam permainan bisa mengembangkan kemampuan kognitif ataupun motorik anak. Dalam keseharian, umumnya anak selalu mengikuti kebiasaan orang tuanya, sama halnya ketika ibunya memasak.  Orang tua bisa memberikan jenis permainan seperti permainan memasak yang membuat perkembangan anak menjadi lebih meningkat. Salah satu permainan masak yang bisa orangtua berikan adalah permainan memasak kue. Anak-anak bisa diperkenalkan dengan segala macam jenis alat dan bahan untuk membuat kue dan juga tahapan dalam membuat kue.

6 Manfaat Permainan Memasak untuk Anak-Anak

Untuk lebih detailnya, berikut manfaat permainan memasak untuk anak-anak :

  1. Melatih Sistem Motorik Anak

permainan memasak 1

Anak-anak memang sering melakukan kebiasaan orang tuanya terutama ibunya. Nah, untuk meningkatkan motorik halus anak, ibu bisa mendampingi anak untuk melakukan permainan memasak. Anak akan melakukan hal-hal yang bisa mengembangkan motorik halusnya seperti menuangkan air, mengambil alat memasak dan lainnya. Selain itu, permainan masak-masakan juga bisa membuat anak menjadi lebih kreatif dan imajinatif dalam membuat masakan.

  1. Mengenal Segala Macam Bentuk dan Warna

permainan memasak 2

Permainan memasak bisa dijadikan ajang bagi anak untuk mengenal lebih banyak macam-macam alat, bentuk dan warna pada sekelilingnya. Orang tua bisa memperkenalkan segala macam alat memasak yang digunakan saat permainan, bentuk peralatan masak tersebut sampai warnanya. Hal tersebut tentunya bisa membuat kemampuan daya ingat anak menjadi lebih terasah, karena memperkenalkan langsung akan membuat daya ingat anak semakin kuat terhadap suatu benda.

  1. Belajar Mandiri

Saat bermain bersama teman-temannya, anak akan dilatih untuk bertanggung jawab atas apa yang dia kerjakan. Dari permainan masak-masakan tersebut, anak akan belajar bagaimana cara menggunakan alat masak dengan benar, menjaga dan mengatur alat memasaknya. Anak juga akan berlatih bagaimana cara menggunakan alat makan dengan benar, sehingga kemampuan makan anak bisa lebih meningkat.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berhitung

Jika anak masih susah untuk diajarkan berhitung melalui tulisan, ibu bisa menyiasatinya dengan menghitung barang-barang yang digunakan untuk bermain, seperti berapa persediaan mangkok dan berapa jumlah mangkok yang dibutuhkan. Walaupun belum tentu benar dalam menghitungnya, anak bisa belajar menghitung dalam jumlah kecil dan sederhana.

  1. Melatih Kemampuan Anak untuk Menyelesaikan Masalah

Beberapa masalah mungkin akan muncul ketika permainan, seperti menungkan air secara berlebihan, teman yang lainnya tidak mendapatkan piring, alat memasak hilang entah ke mana dan lain sebagainya. Nah, segala macam masalah tersebut bisa mengasah kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah tersebut. kemampuan tersebut tentunya akan di bawa ke kehidupan nyata sehingga anak berusaha menyelesaikan masalah atau membantu ibunya untuk menyelesaikan masalah.

  1. Melatih Kemampuan Sosial, Emosional, dan Kerja Sama Tim

Permainan masak masakan anak akan lebih seru jika dilakukan bersama teman-teman. Ketika anak melakukan  suatu kegiatan bersama, anak akan terlatih untuk melakukan hubungan sosial dan kerja sama tim dengan temannya. Anak akan paham bahwa dengan melakukan bersama-sama akan lebih menyenangkan dan permainan memasak akan lebih cepat selesai. Di samping itu kemampuan anak untuk berhubungan sosial akan melatih kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan temannya.

Baca Juga :  Artikel Tentang Fashion yang Sering Diulas: Sepatu Heels Wanita

Selain itu, dari permainan memasak, anak-anak dapat belajar cara memasak beserta prosesnya, di mana hal tersebut membuat anak lebih peka terhadap kerja keras ibunya dalam menyiapkan makanan untuknya.

Segala jenis permainan anak memang sangat membantu tumbuh kembang anak, namun tentunya orangtua harus bisa mendampingi dan mengawasinya agar bisa mengatasi hal yang tidak dinginkan.