3 Cara Membuat Es Krim Mudah, Murah, dan Buat Sendiri di Rumah

3 Cara Membuat Es Krim Mudah, Murah, dan Buat Sendiri di Rumah

by Erin Nuzulia

Siapa yang tidak suka es krim? Es krim adalah salah satu makanan favorit semua kalangan, baik anak kecil sampai orang tua sekali pun. Sensasi makan es krim yang dingin, lumer dan manis dengan berbagai varian rasa, sangat cocok dinikmati di negara tropis seperti Indonesia. Penjual es krim pun tentu tidak sulit untuk ditemui. Mulai dari es krim kemasan pabrik, hingga varian unik seperti es krim goreng. Nah, buat kamu yang penasaran, kira kira bisa ngga sih membuat es krim sendiri di rumah, kita akan bagi cara membuat es krim rumahan yang murah dan tetap enak lho! Berikut 3 cara bikin es krim yang tidak ribet, murah dan enak!

  1. Menggunakan Tepung Premiks

Salah satu cara termudah dan murah untuk membuat es krim sendiri adalah menggunakan tepung premiks untuk membuat es krim. Seperti namanya, tepung premiks ini sudah ditakar oleh pabrik untuk semua bahannya. Biasanya kamu cukup menambahkan air saja dan kemudian dibekukan di lemari es (freezer) dan voila, es krimmu sudah siap untuk dinikmati! Salah satu tepung premiks yang cukup banyak penggemarnya adalah merk Pondan. Varian rasanya pun beragam. Mulai yang standar seperti vanila dan coklat dan ada juga yang rasa khas Indonesia yakni durian. Tepung premiks es krim ini bisa didapatkan di supermarket terdekat dengan harga kurang lebih Rp25.000 dan bisa jadi untuk 10 scoop es krim lho!

  1. Es Krim Buah Sehat

Buat para orang tua yang kadang suka pusing mikir bagaimana cara membuat anaknya mau makan buah, nah, bisa banget nih untuk coba bikin es krim buah sehat. Cara membuat es krim buah adalah, pertama, siapkan buah segar seperti strawberry, blueberry atau boleh juga buah naga. Disarankan menggunakan buah dengan cita rasa yang agak asam segar. Kemudian buahnya dihaluskan kasar alias dibuat puree buah, sisihkan.

Baca Juga :  Berbagai Nutrisi dan Manfaat yang Dimiliki Kacang Kenari

Kemudian campurkan puree buah dengan susu segar atau whip cream, beri madu secukupnya sebagai pemanis. Terakhir, masukkan ke wadah kecil tempar buat eskrim dan bekukan. Siap dinikmati deh! Selain lebih sehat karena menggunakan buah, juga tentunya semakin aman karena menggunakan madu sebagai pemanisnya. Jadi ngga khawatir lagi deh sang anak bakal jadi batuk karena kebanyakan makan es krim!

  1. Es Krim Vanila

Kini, kita coba bahas cara membuat es krim dengan rasa yang paling dasar yaitu rasa vanila. Jika kamu sudah berhasil membuat es krim rasa vanila, berikutnya kamu bisa memodifikasi sendiri untuk varian rasanya, misalnya menambahkan cacahan kukis coklat sehingga jadi rasa cookies and cream, atau menambahkan bubuk coklat bahkan bisa juga membuat es krim durian dengan menambahkan esens durian. Mari kita coba!

Bahan:

1 lt Susu sapi full cream

200 gr gula pasir

4 kuning telur ayam, kocok lepas

2 sdm tepung maizena

1 sdt esens vanili (boleh pakai yang bubuk juga, boleh juga pakai biji vanila asli atau bahkan boleh juga tidak pakai apa pun)

Cara membuat:

Masak susu segar dan gula pasir dengan api kecil hingga mendidih.

Ambil 2 sdm susu dan campurkan dengan tepung maizena hingga larut.

Tuang kembali campuran maizena dan susu ke dalam rebusan susu pertama, dan aduk hingga rata.

Masukkan vanili, aduk sebentar, dan matikan api.

Masukkan kuning telur secara perlahan dan aduk rata.

Pindahkan ke wadah, dan tunggu hingga dingin.

Setelah dingin, pindahkan ke freezer untuk dibekukan.

Setelah 15 menit, aduk kembali es krim agar bisa lembut. Kamu bisa mengulangi langkah ini hingga empat kali untuk mendapatkan es krim yang benar benar lembut.

Baca Juga :  Berbagai Hidangan Berbahan Jahe Merah

Terakhir, nikmati deh es krim vanila buatanmu!

You may also like