Pesona Wisata Solo; Alam, Keraton dan Kuliner

Pesona Wisata Solo; Alam, Keraton dan Kuliner

by Erin Nuzulia
wisata solo

Kota Surakarta atau biasa disebut Solo terletak di Jawa Tengah.  Kota ini salah satu kota terbesar di Jawa Tengah setelah Semarang. Kota Solo memiliki banyak andalan untuk sektor pariwisitasa. Wisata Solo ini unik karena ada wisata alam, industri, sejarah dan juga kuliner. Dalam artikel ini akan kita bahas pesona wisata Solo yang wajib dikunjungi.

Pesona Wisata Solo; Alam, Keraton dan Kuliner

Pasar Klewer

Apabila saat berkunjung ke Solo dan berniat untuk berbelanja aneka pakaian batik, maka destinasi tujuan yang wajib Anda kunjungi adalah Pasar Klewer. Pasar Klewer ini menjual berbagai pakaian batik mulai dari kemeja, gaun, dan juga baju tidur. Karena pasar ini adalah jujukan orang untuk mengambil grosir, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan harga termurah untuk barang yang Anda beli. Selain berjualan aneka busana batik, pasar ini juga berjualan aneka barang khas Jawa

Pasar Gede

Masih dalam bahasan soal pasar, jujukan selanjutnya adalah Pasar Gede. Sesuai namanya, Pasar Gede memang pasar induk di kota Solo. Namun demikian, banyak turis baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke sana. Salah satu yang legendaris di Pasar Gede adalah Dawet Bu Darmi. Dawetnya memang istimewa. Disajikan di mangkok kecil, lengkap dengan bubur pelengkapnya menjadikan dawet Bu Darmi sangat segar dikonsumsi di tengah ramainya pasar. Selain itu Anda bisa mencari oleh oleh khas Solo seperti intip, keripik paru, brem dan lain sebagainya di beberapa kios di Pasar Gede.

wisata solo

Museum Keraton

Tidak lengkap rasanya pergi ke Solo jika belum berkunjung ke keratonnya. Ya, di Solo masih ada keraton yakni Keraton Kasunanan Hadiningrat. Keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal anggota keraton dan juga para abdi dalem. Namun demikian, ada bagian yang dibuka untuk umum yaitu bagian museumnya. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai benda pusaka dan juga peninggalan peninggalan dari Keraton Solo. Koleksi menarik yang terdapat di Museum Keraton ini adalah beberapa kereta kencana serta topi kebesaran para raja.

Baca Juga :  Harus Tahu, Inilah 5 Hoax Terpopuler Saat Pantau Virus Corona

wisata solo

Museum Purba Sangiran

Lokasi Museum Purba Sangiran memang agak sedikit keluar dari pusat kota Solo, tepatnya di Sragen. Sebagai tempat wisata sejarah, Museum Purba Sangiran memberikan informasi yang lengkap mengenai manusia di zaman purba. Ada banyak artefa, miniatur dan juga patung yang menggambarkan kehidupan di masa lampau. Harga tiket masuknya sangat murah. Untuk wisatawan lokal dipatok harga Rp.5000 sedangkan untuk wisatawan manca negara dipatok harga Rp.7500.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu adalah salah satu destinasi wisata alam di Solo. Air terjun ini terletak di arah menuju Tawang Mangu dan berada di sekitar hutan lindung. Untuk mencapai Grojogan Sewu, butuh perjuangan lebih karena harus menuruni anak tangga yang banyak dan cukup jauh. Disebut Grojogan Sewu yang berarti seribu aliran karena memang air terjun yang mengalir berasal lebih dari satu sumber menjadikannya terlihat dari banyak sumber. Kini, tempat wisata Grojogan Sewu telah dikelola baik dan menyediakan berbagai aktivitas seru seperti misalnya flying fox, arung jeram dan juga pemancingan.

De Tjolomadoe

Tempat wisata Solo De Tjolomadoe ini terletak di daerah Karanganyar, dekat dengan bandara Adi Sucipto. De Tjolomadoe ini dulunya adalah pabrik gula Colomadu yang kini diubah menjadi lokasi wisata. Di sini, Anda bisa napak tilas kawasan pabrik gula kuno dengan arsitektur bangunan yang sangat unik. Para pengunjung diajak menerawang ke masa lampau saat pabrik gula kuno tersebut masih beroperasi. Tidak hanya itu, kawasan De Tjolomadoe juga menyediakan restoran dan gedung pertemuan.

 

You may also like