Macam Macam Puasa Sunnah yang Bisa Menambah Pahalamu

Macam Macam Puasa Sunnah yang Bisa Menambah Pahalamu

by Erin Nuzulia

Islam hadir dengan berbagai amalan yang bisa kita kerjakan agar mendekatkan diri pada Allah. Amalan tersebut bisa kita lakukan berdasarkan contoh yang dilakukan Rasulullah, yang tentu saja sesuai syariat. Semasa hidupnya, Rasulullah selalu menjalankan puasa sunnah sebagai salah satu amalan yang disenangi Allah. Sebenarnya apa saja macam macam puasa sunnah yang bisa kita tunaikan agar bisa menambah pahala dan kedekatan pada Allah?

Macam macam puasa sunah memiliki manfaat dan faedah tersendiri bagi yang melaksanakan. Meskipun kedudukan puasa sunnah tidak wajib, alias tidak berdosa jika tidak dikerjakan, mengerjakan puasa sunnah memiliki keutamaan dan pahala yang besar. Hal ini dikuatkan dengan hadist Qudsi dari Abu Hurairah R.A. ia berkata, Rasulullah bersabda, “Semua amal anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya antara 10 sampai 700 kali lipat, kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku dan Akulah yang akan menentukan balasannya.”

Macam Macam Puasa Sunnah yang Bisa Menambah Pahalamu

  1. Puasa Senin Kamis

Rasulullah gemar melaksanakan puasa yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis ini. Hal ini dikuatkan oleh perkataan Aisyah, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam suka melaksanakan puasa Senin dan Kamis.” (HR. Tirmidzi No. 745).

Adapun keutamaan dari puasa ini berdasarkan jawaban yang diberikan Rasulullah kepada Usamah Bin Zaid adalah pada kedua hari ini, catatan amal diserahkan kepada Allah, sehingga Rasulullah lebih menyukai jika catatan amal ini diserahkan kepada Allah dalam keadaan beliau sedang berpuasa.

  1. Puasa Arafah

Puasa ini dikerjakan tepat saat hari Arafah atau pada tanggal  9 Dzulhijjah, bertepatan dengan hari Arafah saat pelaksanaan Haji. Puasa Arafah sendiri memiliki keutamaan yang besar, yakni mampu menghapus dosa selama dua tahun atau setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.

Baca Juga :  Berbagai Nutrisi dan Manfaat yang Dimiliki Kacang Kenari

Kedudukan puasa Arafah ini juga dikuatkan oleh Hadist Nabi. Dari Abu Qataadah, Nabi Muhammad SAW bersabda,“Puasa hari Arafah, aku mengharap kepada Allah akan menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun  sesudahnya.” (HR. Muslim No. 1082).

  1. Puasa Syawal

Puasa Syawal dilaksanakan selama enam hari, pelaksanaannya tidak boleh dilakukan saat Idul Fitri. Puasa Syawal lebih utama dilakukan berurutan pada bulan Syawal agar menghindar dari kemalasan (kalaupun tidak dilakukan berurutan tidak masalah). Adapun keutamaan puasa Syawal selama 6 hari ini adalah seperti puasa selama satu tahun penuh.

Hal ini dikuatkan dengan adanya hadist berikut:

Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. (Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal).” (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil).

Berpuasa Ramadan berjumlah 30 hari, ditambah dengan 6 hari puasa Syawal. Maka jumlah puasa yang dilakukan 36 hari, dikalikan 10 pahala kebaikan, maka didapatkan angka 360 hari layaknya satu tahun.

  1. Puasa Bidh (Pertengahan Bulan)

Puasa ini dikenal dengan puasa Ayyamul Bidh atau pertengahan bulan hijriah karena dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan hijriah. Siapa sangka ternyata keutamaan puasa ini sangat besar, seperti puasa setahun penuh. Hal ini dikuatkan dengan hadist berikut:

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Abdullah bin Amr,

“…dan puasalah tiga hari setiap bulannya; karena satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan itu sama seperti berpuasa satu tahun penuh.” (HR. Bukhari no. 1979).

Kalau kamu melakukan puasa Bidh setiap bulannya selama tiga hari (12 bulan dikali 3 hari pertengahan dikalikan sepuluh kali lipat pahala), bisa dikatakan kamu mendapatkan keutamaan puasa selama setahun penuh.

Baca Juga :  4 Produk Slow Cooker Mulai dari Termurah hingga Termahal

Kamu bisa mendapatkan informasi lain mengenai macam macam puasa dengan klik di sini.

You may also like