Harus Tahu, Inilah 5 Hoax Terpopuler Saat Pantau Virus Corona

Harus Tahu, Inilah 5 Hoax Terpopuler Saat Pantau Virus Corona

by Erin Nuzulia

Meskipun beberapa situs kredibel telah dibangun agar kita bisa terus pantau virus corona secara cepat dan tepat, kondisi yang belum juga membaik menjadi salah satu alasan ditemukannya 196 berita hoaks yang berkaitan tentang virus corona di Indonesia. Memanfaatkan kepanikan masyarakat Indonesia, Vaksincom mengungkapkan bahwa industry hoaks saat ini tumbuh lebih masif dibandingkan dengan infeksi malware pada komputer atau smartphone.

Selain kitab iqro yang telah memprediksi kabar tentang corona atau klaim bahwa virus corona adalah senjata biologis yang lepas, berikut daftar berita hoax terpopuler yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak terlihat bodoh:

Harus Tahu, Inilah 5 Hoax Terpopuler Saat Pantau Virus Corona

  1. Vaksin Virus Corona Sudah Ada dan Dikembangkan Sebelumnya

Beberapa artikel di media sosial di awal bulan Februari sempat heboh karena klaim dari seorang berkewarganegaraan asing mengunggah paten untuk corona virus yang telah dipublikasi di jurnal ilmiah pada tahun 2018. Kemudian seseorang menggunakan postingan tersebut untuk menggiring opini bahwa vaksin yang dimaksud adalah vaksin untuk COVID-19. Nyatanya, paten yang dimaksud adalah vaksin untuk SARS, yang terjadi akibat infeksi virus SARS-CoV. Sedangkan COVID-19 adalah wabah yang terjadi akibat infeksi virus SARS-CoV-2.

  1. Penyembuhan Virus Corona dengan Bawang Putih

Sempat beredar di jejaring sosial bahwa bawang putih dapat menyembuhkan korban yang terinfeksi virus corona. Dalam video singkat yang diunggah di TikTok tersebut menjelaskan juga tata cara pengolahan bawang putih agar efektif sebagai obat untuk COVID-19.

Faktanya, bawang putih tidak dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan seseorang yang terinfeksi coronavirus. Menurut ahli vaksin dari OMNI Hospitals, Dr. Rambe menyebutkan bahwa klaim bawang putih ini dipastikan tidak benar. Pertama, bahwa seluruh peneliti ahli virologi di seluruh dunia belum menemukan obat dan vaksin yang dapat mengobati COVID-19 secara khusus. Dan yang kedua, kandungan bawang putih berperan sebagai antioksidan, bukan sebagai obat yang dapat menyembuhkan infeksi di saluran pernapasan sama sekali.

  1. HP Xiaomi Buatan China dapat Menularkan Virus Corona

Sebuah tweet yang diunggah oleh akun @coromondol, menganjurkan siapapun yang telah bersalaman dengan pengguna handphone Xiaomi untuk mencuci tangan, mengarah kepada disinformasi: bahwa HP Xiaomi dapat menularkan virus corona. Hal ini dapat dipastikan hoax, dan dapat merugikan brand tertentu. Memang benar bahwa kita dapat tertular virus corona bila kita memegang benda yang telah terkontaminasi oleh droplet dengan virus, secara umum, tanpa melihat brand ataupun jenis benda tersebut.

  1. Presiden China Kunjungi Masjid untuk Minta Doa Umat Muslim Atasi Corona

Beredar sebuah postingan dengan video yang berisi kunjungan presiden Cina, Xi Jinping sedang mengunjungi sebuah masjid di Cina. Dalam captionnya menceritakan bahwa presiden cina sedang meminta umat Islam untuk berdoa agar Cina bisa menyelesaikan krisis kesehatan akibat wabah corona.

Baca Juga :  Buat Kamu yang Akan Merencanakan Liburan, Inilah Hari Libur Nasional 2020

Faktanya, video tersebut adalah video kunjungan Presiden Cina di Daerah Otonomi Ningxia Hui ketika berdiskusi terkait pembangunan yang inklusif guna pengentasan isu kemiskinan. Dalam kesempatan tersebut Ia juga menyerukan pentingnya kerukunan beragama. Video tersebut pun diambil pada Juli 2019, sebelum adanya kasus pertama COVID-19.

  1. Wudhu bisa Hancurkan Virus Corona

Beredar sebuah artikel di media online bahwa seorang dokter menjelaskan wudhu dapat menghancurkan virus corona. Informasi tersebut 100% hoax dan dapat membahayakan jiwa. Harus diketahui bahwa dinding sel virus corona terbentuk dari senyawa lipid, sehingga air mengalir saja tidak mampu menghancurkan virus. Mencuci tangan dengan sabun atau penyemprotan menggunakan alkohol 70% baru bisa membersihkan kulit tangan dari virus corona.

Itulah beberapa hoax populer yang perlu kamu ketahui agar bisa menyetop persebaran informasi yang salah di sekitarmu. Masih banyak hoaks yang akan berdatangan di masa pandemi ini, sehingga kewaspadanmu adalah kunci dari cerdasnya bangsa kita. Semangat!

Pantau terus perkembangan COVID-19 hanya di situs kredibel seperti di https://review.bukalapak.com/others/sumber-tepercaya-perkembangan-virus-corona-covid-19-dan-tips-pencegahan-111250

 

You may also like