Tips Memulai Budidaya Ikan Lele untukmu yang Baru Mulai Bisnis!

budidaya ikan lele

Budidaya ikan lele merupakan bisnis yang menguntungkan. Ini dikarenakan, ikan lele adalah salah satu ikan tawar yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Cara budidaya ikan lele pun tidak terlalu sulit,  karena ikan ini mudah didapatkan, selain itu juga lebih mudah perawatannya dibanding jenis ikan lainnya. Berikut adalah beberapa Tips memulai budidaya Ikan lele yang bisa Kamu terapkan :

  • Mempersiapkan kolambudidaya ikan lele 01

Cara yang pertama adalah menyiapkan kolam. Ada beberapa opsi pilihan Kolam ikan lele yang bisa kamu gunakan. Ada kolam terpal, kolam dari tanah atau kolam dari semen. Setiap opsi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing tergantung kebutuhan kamu. Pastikan kamu membuat kolam yang memiliki ukuran yang cukup agar ikan lele tidak mudah mati karena kekurangan oksigen.

 

Selain itu, untuk kolam baru, kamu perlu menunggunya hingga terjadi pembentukan lumut pada kolam sebelum memasukkan bibit lele yang sudah kamu pilih. Lumut dan fitoplankton dapat membuat udara tidak mudah keruh, sehingga baik untuk pertumbuhan ikan lele. Biasanya lama menunggu hingga terjadi lumut adalah sekitar 3 hingga 7 hari.

  • Memilih bibit unggul ikan lele

Pada saat memilih bibit unggul untuk budidaya ikan lele, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Karena bibit unggul lele akan tumbuh besar, tak mudah terserang penyakit dan juga gesit. Faktor yang pertama kamu harus teliti adalah kecerahan dari bibit lele. Bibit lele yang lebih cerah akan lebih aktif dan agresif saat diberi makan. Salah satu jenis bibit yang bagus adalah bibit ikan lele jenis dumbo. Jenis dumbo lebih mudah dipahami dan mudah didapat.

Kualitas dagingnya juga lebih tahan dari serangan penyakit. Selain itu cara menebar bibit juga perlu diperhatikan. Letakkan wadah bibit pada kolam selama 15 menit hingga 30 menit dengan keadaan miring. Hal ini untuk membuat bibit dapat beradaptasi sendiri dan tidak stres. Pisahkan Kolam untuk bibit, buat agak lebih dangkal agar bibit cepat menjangkau pakan dan pernafasan. Lakukan penebaran bibit pada pagi atau malam hari, di saat ikan lele cenderung lebih tenang.

  • Pemeliharaan Ikan Lele

Saat  budidaya ikan lele, kamu harus memperhatikan cara pemeliharaannya. Lakukan penyortiran pada ikan lele berumur kurang lebih 20 hari berdasarkan ukurannya. Pisahkan antara lele yang besar dan kecil dalam kolam berbeda, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kanibalisme pada ikan lele yang lebih kecil.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Es Krim Mudah, Murah, dan Buat Sendiri di Rumah

Warna kolam hijau merupakan Kualitas yang bagus untuk lele. Jika Air kolam sudah berubah menjadi warna merah, maka itu menandakan ikan lele sudah dewasa dan siap dipanen. Dalam cara budidaya Ikan lele, kamu harus memperhatikan pakannya. Lakukan pemberian pakan tiga kali sehari pada pagi, sore, dan malam. Jenis pakan yang sering dipakai adalah sentrat 781-1.

Untuk menghindari Hama, kamu bisa menggunakan penghalang agar tidak ada hewan liar yang masuk ke dalam kolam. Supaya bisa menghindari penyakit, kamu bisa memberikan obat-obatan yang tersedia di toko perikanan sesuai kebutuhan dan dosisnya.

  • Panen Ikan Lele

Setelah lele berusia 90 hari, kamu sudah bisa memanennya. Perhatikan juga warna dari kolam. Lakukan pengambilan ikan lele dengan menggunakan sarung tangan, jaring ataupun serokan besar.

budidaya ikan lele

Itulah beberapa tips cara budidaya ikan lele yang bisa kamu lakukan agar berhasil mendapatkan hasil panen ikan lele yang baik dan sehat.