7 Tips Memilih Kulkas Agar Tidak Salah Membeli

7 Tips Memilih Kulkas Agar Tidak Salah Membeli

by Erin Nuzulia

Kulkas adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang wajib dimiliki untuk menyimpan makanan agar awet dan tahan lama. Jenis, Merek/ Brand, dan Harga kulkas yang bervariasi tentu membuat kita harus berhati-hati dalam memilih kulkas agar tidak kecewa atau rugi karena salah membeli. Saat ingin membeli kulkas, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, misalnya kapasitas, fitur, pemakaian energi, dll.

7 Tips Memilih Kulkas Agar Tidak Salah Membeli

  1. Sesuaikan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah penggunanya

Untuk menentukan kapasitas kulkas yang ideal sesuai dengan jumlah Anggota keluarga adalah dengan mengikuti rumus di bawah ini, yakni  jumlah anggota keluarga dikali dengan 70 liter + 170 liter. Jika Anda tinggal berlima, maka Anda harus mempertimbangkan kulkas dengan kapasitas 520 liter.

Sedangkan jika Anda tinggal sendiri, kulkas dengan kapasitas sekitar 100 liter dirasa cukup menampung kebutuhan Anda. Kulkas sendiri umumnya bisa digunakan selama 10 tahun.

  1. Pilih kesesuaian kompartemen

Anda harus bisa memilih kulkas yang memiliki kompartemen sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan memasak Anda. Misalnya saja kulkas dengan ruang freezer yang posisinya berada di tengah, akan cocok jika Anda termasuk orang yang sering memasak bahan makanan beku.

Sedangkan jika kulkas yang memiliki freezer di bawah, hal ini mengharuskan Anda melakukan gerakan membungkuk setiap kali mengambil dan memasukkan makanan. Biasa jadi kegiatan itu membuat Anda sakit pinggang atau punggung.

Jika Anda sering memasak sayur, cari kulkas yang memiliki laci pendingin penyimpanan sayur yang memiliki temperatur khusus untuk menjaga kesegaran sayur.

  1. Pilih ukuran sesuai dengan lokasi penempatannya

Pastikan Anda memilih kulkas yang sesuai ukurannya dengan lokasi penempatannya. Beri jarak sekitar 5 cm di bagian belakang dan 5 cm pada kedua sisinya agar tidak berdempetan dengan peralatan rumah tangga lainnya. Jarak ini diperlukan lantaran kulkas akan mengeluarkan panas sehingga kulkas bisa mengeluarkan panas dengan baik sehingga bagian dalamnya tetap dingin. Pastikan Anda mengukur ruang untuk pemasangan sebelum memilih kulkas yah!

  1. Gunakan jalur pengantaran kulkas yang mudah

Anda harus memastikan kulkas bisa masuk ke rumah Anda melewati berbagai akses masuk ke rumah. Misalnya Anda tinggal di apartemen, pastikan elevator yang akan digunakan lebih besar sekitar 10 cm dari kulkas yang Anda beli. Hati-hati jika Anda menggunakan tangga, pastikan ukuran tangga lebih besar daripada ukuran kulkas yang Anda beli.

  1. Pilih berdasarkan cara membuka pintu

Jika penempatan kulkas menempel pada dinding, pilihlah kulkas dengan bukaan pintu hanya ke satu arah. Pastikan bagian belakang pintunya mengarah ke tembok ketika kulkas dibuka. Sedangkan jika Anda memilih kulkas dua pintu degan bukaan dua arah, Anda tidak perlu memperhatikan letak dinding.

  1. Cari yang hemat listrik

Kulkas adalah salah satu peralatan elektronik pada rumah tangga yang mengonsumsi banyak pemakaian listrik. Kalau Anda ingin tahu total biaya listrik dari kulkas Anda, periksa label konsumsi listrik tahunan yang tertera pada kardus atau buku manual produknya.

Baca Juga :  Berikut Kelebihan dan Harga iPhone 6S (Januari 2020)

Semakin rendah pemakaian daya listrik sebuah kulkas, semakin rendah juga biaya pemakaian listriknya. Umumnya, kulkas akan menggunakan daya listrik sebesar 200kWh sampai 300kWh per tahun.

  1. Cek fitur sesuai kebutuhan

Pastikan Anda memilih kulkas dengan fitur sesuai kebutuhan Anda, misalnya yang tidak mengeluarkan suara bising, memiliki fitur deodorizer filter, dan rak yang bisa dilepas pasang agar mudah dibersihkan.

You may also like