6 Faktor Penyebab Harga Dollar Menguat

6 Faktor Penyebab Harga Dollar Menguat

by Erin Nuzulia
Harga dollar

Dollar AS merupakan mata uang internasional yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Bukan hanya untuk kepentingan pergi ke luar negeri, dollar AS juga banyak diburu untuk diinvestasikan. Namun, sejak tahun 2013, harga dollar ini kian menanjak berbarengan dengan nilai tukar rupiah yang terus melemah. Banyak peristiwa yang menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti masalah ekonomi atau pun isu kesehatan yang sedang marak saat ini. Bahkan, yang mengejutkan, belum lama ini nilai tukar rupiah terhadap dollar menembus di angka Rp 15.000,00

 

Harga dollar

 

Banyak pengamat ekonomi di Indonesia mengatakan bahwa harga dollar yang kian tinggi ini masih akan berlangsung hingga beberapa waktu ke depan. Bukan hanya isu-isu yang terjadi di dalam negeri, berbagai sentimen global pun turut memengaruhi harga dollar saat ini. Berikut lima faktor yang mempengaruhi harga dollar di Indonesia.

 

6 Faktor Penyebab Harga Dollar Menguat

  1. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan yang relatif menjadi fakor pertama yang menyebabkan harga dollar menguat. Permintaan dan penawaran pasar mata uang asing menjadi salah satu yang memengaruhi pertumbuhan pendapatan pada beberapa harga di luar negeri. Laju pertumbuhan dan pendapatan di internal Negara pun menjadi hal yang mempengaruhi kurs mata uang asing tersebut. Sebaliknya, semakin meningkat supply yang telah tersedia sebelumnya, maka akan semakin permintaan valas asing yang relatif.

  1. Nilai Tukar di Hari yang Akan Datang

Faktor kedua yang menentukan harga dollar adalah nilai tukar atau ekspektasi di masa yang akan datang. Misalnya, ketika banyak orang bereaksi cepat di pasar valuta asing ketika mendengar berita tentang melonjaknya inflasi di AS. Hal ini juga menyebabkan adanya peningkatan inflasi yang memberika pengaruh pada aktivitas perdagangan valuta asing yang nantinya akan diperkirakan mengalami penurunan di masa yang akan datang. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang perlu diperhatika dalam menentukan peningkatan dollar di pasar modal.

  1. Perbedaan Suku Bunga

Faktor selanjutnya yang menentukan harga dollar adalah adanya perbedaan suku Bungan yang ada dari berbagai negara. Masuknya modal asing ke dalam suatu negara menyebabkan naiknya suku bunga, kecuali adanya modal yang lebih tinggi. Hal inilah yang menyebabkanmahalnya tingkat suku bunga yang masuk ke dalam suatu negara. Kenaikan suku bunga ini juga dapat mengakibatkan penurunan permintaan mata uang domestik yang ada di negara tersebut,

 

harga tukar dollar

  1. Aktivitas Neraca Pembayaran

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga dollar adalah neraca aktivitas pembayaran. Saldo pembayaran yang tidak aktif menyebabkan penurunan nilai mata uang yang ada di suatu negara. Tingkat keterbukaan ekonomi menjadi salah satu dampak neraca pembayaran yang dapat diukur. Misalnya, permintaan dollar akan meningkat ketika perdagangan berada di keseimbangan negatif. Sebaliknya, permintaan mata uang asing akan menurun jika perdagangan berada pada neraca keseimbangan yang negatif.

  1. Tingkat Inflasi

Harga mata uang di suatu negara secara relatif akan dipengaruhi oleh pergerakan kurs.Misalnya, di Amerika mengalami inflasi yang tinggi sehingga harga dagang di Amerika juga tinggi dan diikuti permintaan produk yang menurun. Penyusutan inflasi memberika dampak nilai mata uang terhadap harga tukar dollar jatuh.

  1. Intervensi Pemerintah

Faktor terakhir yang menentukan harga dolar adalah intervensi pemerintah dalam hal kontrol kebijakan. Kebijakan pemerintah tentunya dapat memengaruhi keseimbangan nilai tukar valuta asing di suatu negara.

 

Keenam poin di atas merupakan beberapa hal yang memengaruhi harga dollar di suatu negara. Ternyata, ada banyak alasan yang dapat menentukan kenaikan harga dollar. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan baru Anda terkait penentuan harga dollar, ya!